Cara Lain Mengkonsumsi Sayur

Salam Sehat Lebih Lama,

Sahabat Sehat, saya memberikan apresiasi kepada #indonesiamakansayur yang digagas oleh mbak Sophie Navita, pendapat pribadi saya hal ini sangat baik untuk memprovokasi masyarakat Indonesia supaya terbiasa makan sayur dalam kesehariannya. Karena kita tahu bahwa betapa pentingnya sayur untuk kesehatan kita.

Coba kita lihat dilingkungan kita, anak, abang, adik, tetangga, teman, paman, tante dll apakah ada yang jarang makan sayur, kurang dalam jumlah yang dikonsumsi atau bahkan sangat jarang. Dari informasi audiens saat mengisi seminar, banyak yang konsultasi tentang masalah ini.

Melihat isi http://www.sophienavita.com banyak diulas cara lain mengkonsumsi sayur untuk memenuhi kebutuhan nutrisi tubuh kita dan bisa menjadi satu pilihan life style yang baik. Disitu banyak dibahas tentang manfaat Jus sayur (green juice & green smoothie).

Green Jus
Apa itu Green Jus?
Jus yang dibuat dari sayur sayuran berwarna hijau, bisa dengan hanya 1 (satu) jenis sayur atau dicampurkan beberapa jenis sayur

Apa bedanya dengan Green Smoothie ?
Perbedaannya dari alat yang digunakan dalam proses pembuatan. Kalau Green Jus menggunakan juser sedangkan Green Smootihe menggunakan blender. Akan tetapi disarankan untuk dikunyah dulu sebelum ditelan kalau mengkonsumsi Smoothie.

Apakah semua sayur boleh dicampur ?
Dalam buku Victoria Boutenko yang berjudul Green For Life, dia mengelaborasi perbedaan antara sayur daun, sayur umbi (wortel, kentang, dll) & sayur bunga (brokoli dll). Menurut Victoria Boutenko dengan pengalamannya selama ini dia melarang mencampurkan sayur daun dan buah

Apakah boleh dicampur buah?
Memang disarankan untuk mereka yang pertama memulai supaya dicampur buah, karena kalau dengan sayur saja ada rasa nek (apalagi mereka yang tidak suka sayur). Perbandingannya  buah 60%  sayur 40% kalau sudah terbiasa baru dirubah lagi 50% buah 50% sayur sampai pada akhirnya murni yang digunakan adalah sayur. Buah yang dipakai bisa bermacam macam, saya pernah mencoba green smoothie dari Nenas, pakchoi dan kailan ternyata rasanya sangat enak. Menurut Victoria Boutenko dengan pengalamannya selama ini dia melarang mencampurkan buah jenis sayur UMBI. Karena, jika kita campur buah dan sayur UMBI (wortel, zukini, dll) akan mengaakibatkan buah memfermentasi zat PATI yang ada dalam sayuran umbi tadi.

Kapan waktu yang tepat untuk meminum Jus atau Smoothie?
Waktu yang tepat adalah saat perut kosong pagi hari, dengan begitu penyerapan nutrisinya akan lebih sempurna, setelah 1/2 jam minum jus atau smoothie baru kita makan seperti biasa.

Apakah dengan minum Green Jus atau Smoothie kita tidak perlu makan sayur lagi?
Green Jus dan Smoothie bukan pengganti sayur, jadi disarankan setiap makan tetap dilengkapi dengan sayur

Cara Membuat Green Jus dan Smoothie :
Saya pernah membuat green smoothie dengan menggunakan Pak choi dan kailan, tapi karena sebagai pemula saya campurkan dengan nenas.

Berikut saya tampilkan video pembuatan Green Smoothie oleh Sophie Navita


Anda bisa berkreasi sendiri dengan selera anda, berikut beberapa resep yang bisa dijadikan reverensi :
http://yourhealthdreaming.blogspot.com/2013/06/green-smoothies.html
http://femaledaily.com/blog/2013/05/24/cara-lain-mengonsumsi-sayuran-green-smoothie-green-juice/

Semoga bermanfaat untuk semuanya, dan semoga anda juga menerapkan paling tidak makan sayur secukupnya. Dan semoga anda juga bisa memprovokasi keluarga, teman handai taulan semuaaaaaanya biar tambah sehat, panjang umur dan bahagia.