Cardiovascular & Cerebrovascular Solution/Solusi Gangguan Pembuluh Darah



Data WHO (World Health Organization) tahun 2004 menunjukkan bahwa masyarakat Jepang memiliki usia harapan hidup dan harapan sehat yang lebih tinggi bila dibandingkan dengan Malaysia dan Indonesia.  

Bagaimana mereka bisa menjaga kesehatannya? Apa yang mereka konsumsi?


Ternyata penduduk Jepang mempunyai kebiasaan secara turun temurun mengonsumsi makanan yang berbahan dasar kedelai dan makanan yang difermentasi seperti natto.





Apa itu NATTO?

Natto merupakan salah satu makanan khas di Jepang yang sudah dikonsumsi selama lebih dari 1000 tahun. 

Dari penelitian lebih lanjut oleh Dr. Hiroyuki Sumi dari Department of Physiology, Miyazaki Medical College,Jepang, ternyata lendir dari natto itu, mengandung enzim trombolitik (pemecah trombus) dan fibrinolitik (pemecah fibrin), yang disebut nattokinase 




SALAKINASE PLUS® merupakan produk nutraceutical dengan kandungan nattokinase yang memiliki efek khusus untuk melancarkan aliran darah dengan cara memecah fibrin (serat-serat bekuan darah).

Dari diagram tersebut terlihat bahwa di dalam tubuh kita terdapat keseimbangan antara sistem koagulasi dan sistem fibrinolitik. Dari diagram ini dapat terlihat bahwa nattokinase, tidak seperti obat pengencer darah yang lain, bekerja pada sistem fibrinolitik, bukan pada sistem koagulasi.
Dari mekanisme kerja  terlihat bahwa nattokinase bekerja melalui 3 (tiga) jalur pada sistem fibrinolitik, yaitu dengan memecah langsung fibrin menjadi fibrin degradation product, mengubah prourokinase menjadi urokinase, dan juga dengan mengaktifkan t-PA yang berfungsi untuk mengubah plasminogen menjadi plasmin. Mekanisme ini memberikan hasil akhir, yaitu pemecahan fibrin menjadi fibrin degradation product. Karena cara kerjanya tersebut, dikatakan bahwa nattokinase mempunyai aktifitas fibrinolitik 4 kali lebih kuat daripada plasmin.

STUDI KLINIS

Sampai saat ini penelitian-penelitian mengenai nattokinase menilai potensi nattokinase pada sistem fibrinolitik melalui berbagai macam parameter fibrinolitik (Euglobulin Lysis Time / ELT), hemoreologik (kadar fibrinogen, tingkat agregasi sel darah merah, kekentalan darah dan plasma,whole blood passage time), dan juga parameter koagulasi (tissue Plasminogen Activator / t-PA)

Studi klinis dari Journal of the Japanese Society of Biorheologytahun 2002 mengenai efek penggunaan nattokinase yang dilakukan pada 23 subyek, dengan melakukan observasi terhadap laju aliran darah dan ELT selama 2 bulan


Subyek-subyek penelitian tersebut diberikan 2 tabletnatto (setara dengan 250 mg nattokinase). Hasil yang diperoleh adalah penurunan waktu aliran darah, yang berarti meningkatnya kelancaran aliran darah.

Sebagai alat pengukur digunakan Capillary Rheometer (Rheolog®)
Dari observasi terhadap laju aliran darah yang dilakukan selama 2 bulan terhadap 23 orang didapatkan perubahan terhadap laju aliran darah setelah 7 hari atau lebih pemberiannattokinase. Jadi dapat dikatakan nattokinase dapat meningkatkan kelancaran darah.
Studi klinis lainnya dari Journal of the Japanese Society of Biorheology2002 mengenai efek penggunaan jangka panjang nattokinase yang dilakukan pada 23 subyek selama 2 bulan yang diberikan nattokinase sebanyak 2 tab/hari (setara dengan 250 mg nattokinase) dengan melihat parameter fibrinolisis (ELT) dan koagulasi (t-PA)

Hasil yang diperoleh adalah penurunan nilai ELT dan peningkatan nilai t-PA selama pemberian nattokinase.



Studi klinis mengenai penggunaan nattokinase pada kasus-kasus penyumbatan pembuluh darah terus berkembang. Salah satunya adalah studi klinis dari Journal Angiology2003 mengenai efek nattokinase untuk mencegah DVT (Deep Venous Thrombosis) dan SVT (Superficial Venous Thrombosis)

Penelitian dilakukan pada 186 subyek (92 kontrol dan 94 subyek penelitian) yang melakukan penerbangan jarak jauh selama 7 - 8 jam. Subyek diberikan 150 mg nattokinase 2 jam sebelum penerbangan dan 6 jam setelah penerbangan. Hasil yang diperoleh adalah pada kelompok yang diberikan nattokinase tidak terjadi DVT dan SVT.


Penelitian lain yang dilakukan oleh National Cardiovascular Center, HuBit genomix Incorporation, NTT DATA Corporation, dan Municipaloty of Arita Japan tahun 2006, menyatakan bahwanattokinase secara signifikan dapat menurunkan kadar kolesterol dan trigliseridadalam darah pada subyek yang memiliki kadar lemak yang tinggi. 

Pada subyek yang memiliki kadar lemak yang normal tidak ditemukan penurunan kadar kolesterol dan trigliserida yang signifikan.
Nattokinase juga mempunyai efek terhadap tekanan darah. Sebuah penelitian yang dilakukan oleh Maruyama M, dan Sumi H tahun 1995 menyatakan bahwa di dalam ekstrak dari natto terdapat penghambat Angiotensin Converting Enzyme, yang mengubah angiotensin I menjadi bentuk aktif berupa angiotensin II. 

Rata-rata penggunaan nattokinase dapat menurunkan tekanan darah sistolik sebanyak 10,9 % dan tekanan darah diastolik sebanyak 9,7 %.


Komposisi:


Tiap kapsul lunak, mengandung:
Bacillus subtilis natto cultivation extract (nattokinase)
Prunus mume extract powder 

Indikasi:

Sebagai agen fibrinolitik yang alamiah dan terapi ajuvan untuk kasus-kasus serebro dan kardiovaskular
Dosis:
Dosis pemakaian pada dewasa adalah 2-4 kapsul lunak per hari

Efek Samping:

Belum ada laporan terjadinya efek samping serius.

Peringatan dan Perhatian:

Hati-hati penggunaan pada individu yang memiliki riwayat kecenderungan mudah berdarah atau kondisi-kondisi yang berhubungan dengan kelainan perdarahan
Walaupun dilaporkan sangat jarang kejadiannya, konsultasikan terlebih dahulu kepada dokter Anda, jika sedang mengonsumsi obat-obat pengencer darah/anti penggumpalan darah (mis. Aspirin, Clopidogrel, Pentoxyfilline, Cilostazole)

Interaksi:

Individu yang sedang mengonsumsi warfarin (Coumadin), heparin, atau obat-obat yang dapat mengencerkan darah, sebaiknya konsultasikan terlebih dahulu dengan dokter.

Kemasan:

Set, terdiri dari 3 pouch @ 100 kapsul lunak
Boks, terdiri dari 6 strip @ 60 kapsul lunak SALAKINASE®
No. Reg. POM RI: SI 044314081

Contact : Erwin 0812 6212 3718






Reference:

  1. Pais E, Alexy T, Holsworth RE Jr, Meiselman HJ. Effects erwin_anjar@yahoo.comof nattokinase, a pro-fibrinolytic enzyme, on red blood cell aggregation and whole blood viscosity. Clin Hemorheol Microcirc 2006;35(1-2):139-42.
  2. Liu J, Xing J, Chang T, Ma Z, Liu H. Optimization of nutritional for nattokinase production by Bacillus natto NLSEE using statistical experimental methods. Process Biochemistry 2005;40:2757-62.
  3. Levine SA, Zurlo E, Anderson JL. Potent natural anticoagulant enzyme derived from traditional Japanese food. Allergy Research Group Newsletter 2002:1-11.
  4. Sumi H, Hamada H, Nakanishi K, Hiratani H. Enhancement of the fibrinolytic activity in plasma by oral administration of nattokinase. Acta Haematol 1990;84(3):139-43.
  5. Data on File. Daiwa Pharmaceutical Co. Available From: URL: http://www.daiwa-pharm.com/eng/nkcp-d6.html
  6. Larsen HR. Nattokinase update and summary-part I. Proceedings of 40th Session Virtual LAF Conference; 2005 April 27-May 18. Available From: URL:http://www.afibbers.org/conference/session40.pdf
  7. National Cardiovascular Center of Japan, HuBit genomix, NTT DATA, Municipality of Arita. Examining the effects of natto (fermented soybean) consumption on lifestyle-related disease-establishing natto`s effectiveness in lifestyle-related disease prevention. Japan: NTT DATA on file; 2006. Available From: URL: http://www.nttdata.co.jpnen/media/2006/042700.html
  8. Maruyama M, Sumi H. Effect of natto diet on blood pressure. Data on file. Daiwa Pharm 1995.
  9. Cesarone MR, Belcaro G, Nicolaides AN, Ricci A, Geroulakos G, Ippolito E, et al. Prevention of venous thrombosis in long-haul flights with flite tabs: the LONFLIT-FLITE randomized, controlled trial. Angiology 2003;54(0):T1-9.

HASIL YANG DIPEROLEH DAPAT BERBEDA PADA TIAP INDIVIDU

Info lebih jelas hubungi
Contact : Erwin 0812 6212 3718




First

4 komentar

saya pernah dengar makanan natto, setahu saya orang jpang suka mngkonsumsinya saat sarapan pagi. Dan banyak pnelitian tentang natto, setahu saya ada juga produk natto king. Boleh minta harganya? bisa diemailkan ke dixonpoerba@yahoo.co.id

baik pak, kami segera comfirmasikan harga produk salakinase tersebut

Pak,salakinase bolehkah dikonsumsi oleh orang yang habis cathlab (catarisasi jantung ) atau penderita jantung koroner ?

Untuk mereka yang baru chaterisasi jantung atau yang sudah mengidap PJK, kami rekomendasikan. Karena kerja enzim nattokinase bersifat menghancurkan thrombus dan mengencerkan darah. Info lebih lanjut hubungi 0819 7311 66 23